Beranda | Artikel
Dosa Anak Muda Zaman Now
Jumat, 14 Februari 2020

#khutbahjumat kali ini kami akan membahas tentang anak muda yaitu dosa-dosa yang biasa mereka lakukan, bahkan mereka menganggapnya biasa. Ikuti kultwit Jumat ini.

#Dosapertama #anakmuda adalah durhaka pada orang tua. Ini watak anak muda, bahkan inilah yang sering kita temukan pada zaman ini. Di antara bentuknya adalah bicara kasar hingga berbicara keras pada orang tua.

Dalam surah Al-Isra’ ayat 23 kita dilarang menyebut “uff” atau “ah”. Imam Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahullah katakan, itu adalah segala bentuk perkataan keras dan jelek pada orang tua.

Mujahid rahimahullah mengatakan, “Tidak sepantasnya seorang anak menahan tangan kedua orang tuanya yang ingin memukulnya. Begitu juga tidak termasuk sikap berbakti adalah seorang anak memandang kedua orang tuanya dengan pandangan yang tajam. …

Lanjut Imam Mujahid rahimahullah: “Barangsiapa yang membuat kedua orang tuanya sedih, berarti dia telah mendurhakai keduanya.”

Kaab Al-Ahbar berkata, “Apabila orang tuamu memerintahkanmu dalam suatu perkara (selama bukan dalam maksiat, pen) namun engkau tidak mentaatinya, berarti engkau telah melakukan berbagai macam kedurhakaan terhadap keduanya.”

#Dosakedua #anakmuda adalah pacaran dan melakukan segala hal yang mendekati zina. Yang terlarang mulai dari chatingan dengan lawan jenis, janji ngedate, bersentuhan, berdua-duaan, berciuman, hingga kemaluan menginginkan untuk BERZINA.

Allah ingatkan: “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra’: 32)

#Dosaketiga #anakmuda adalah mudah-mudahan meninggalkan shalat, atau shalatnya bolong-bolong, bahkan ada yang tidak mengerjakan shalat sama sekali padahal mengaku muslim.

Ancaman nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi yang meninggalkan shalat: “Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kufur itu adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim, no. 82)

#Dosakeempat #anakmuda adalah suka meniru penampilan, gaya, hingga perayaan non-muslim seperti merayakan ulang tahun hingga #ValentinesDay2020.

Intinya, anak muda itu banyak lalai. Mereka bisa selamat jika mau menimba ilmu agama secara mendalam.

Allah sangat membenci orang ja’dzari (orang sombong), jawwadz (rakus lagi pelit), suka teriak di pasar (bertengkar berebut hak), bangkai di malam hari (tidur sampai pagi), keledai di siang hari (karena yang dipikir hanya makan), …

ia pintar masalah dunia, namun bodoh masalah akhirat.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya 72 – Al-Ihsan. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth dalam tahqiq Shahih Ibnu Hibban menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim)

Semoga Allah beri taufik dan hidayah pada anak-anak muda semoga berada pada jalan yang lurus dan terus istiqamah.

Ini adalah ringkasan #khutbahjumat kami yang dapat dilihat secara lengkap di sini: Khutbah Jumat, Dosa Anak Muda


Your brother: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.Com


Artikel asli: https://remajaislam.com/1530-dosa-anak-muda-zaman-now.html